MENGENAL MAKHLUK ALLAH SWT – HARISY

Bismillahirahmanirrahim

Pada pembahasan kali ini saya ingin berbagi khasanah mengenai makhluk Allah SWT yang bernama HARISY, semoga dengan membaca uraian ini di harapkan agar keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT semakin bertambah, dan semakin cinta serta mahabah . Betapa keagungan dan kebesaran Allah maha segala-galanya dan memberikan  gambaran betapa tidak berdayanya kita di hadapan Allah SWT, sehingga kita semakin memohon dan merendahkan diri di hadapan Allah SWT amin.

SIKSAAN BAGI AHLI NERAKA BERDASARKAN ATAS AMALNYA

 

Allah SWt berfirman ; Neraka Wail si peruntukan bagi orang yang merusak janji dan amanat, engkau akan melihat mereka, wahai Musa !, mereka di salip di atas pohon Zaqum, api neraka masuk dari duburnya lalu keluar dari mulutnya, juga keluar melalui kedua telinganya dan kedua matanya.

Hal ini sesuai dengan  firman Allah SWT ;

(QS Al Waaqiah ; 51-53 ) Kemudian sesungguhnya kamu hai orang-orang yang sesat lagi mendustakan, benar-benar akan memakan pohon zaqqum, dan akan memenuhi perutmu dengannya.

Allah berfirman : “Wahai Musa, jika kamu mengetahui orang yang merusak janji dan amanat, orang itu akan bergandengan dengan setan dalam satu rantai dan belenggu, Mereka di gantung dengan lisannya sampai otaknya mengalir dari kedua lubang hidungnya. Ia tidak bisa tidur, meskipun sekejap mata. Mereka tidak menemukan kenikmatan meskipun sekejap mata, sehingga orang kafir mengharapkan aman dengan kematian daripada siksaan. Itulah salahsatu bentuk siksaan orang yang merusak janji.”

Demikian pula orang yang berzina, suka memakan riba dan meninggalkan shalat. Mereka akan di siksa di neraka dalam beberapa abad lamanya.

Allah berfirman : “Wahai Musa, jika sekiranya air lautan itu menjadi tinta, pepohonan menjadi penanya, sedangkan manusia dan jin adalah yang menulis, maka pasti akan habis pena-pena itu, sampai manusia dan jin menjadi sirna, seluruh lautan menjadi kering, bilangan abad jahanam masih belum habis untuk di tulisi”

Oleh sebab itu Allah berfirman ;

(QS An Naba’ : 23,24,25,26.) mereka tinggal di dalamnya berabad-abad lamanya, mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanah, sebagai pambalasan yang setimpal.

Baginda Nabiyullah Muhammad Rasulullah SAW pernah bertanya kepada Jibril a.s ; “Apa Huqub itu ?”. Jibril menjawab ; “Yaitu masa 4.000 tahun”. Beliau SAW bertanya lagi : “Dalam setahun ada berapa bulan ? ”. Jibril menjawab ; “Ada 4.000 bulan“.Beliau SAW bertanya lagi : “dalam satu bulan ada berapa hari ?” Jibril menjawab ; “Ada 4.000 hari“.Beliau SAW bertanya lagi : “dalam satu hari ada berapa jam ?” Jibril menjawab ; “Ada 70.000 jam, dan setiap jam itu lamanya setahun dari hitungan dunia“.

Abu Hurairah meriwayatkan, bahwa Baginda Nabiyullah Muhammad Rasulullah SAW bersabda ; “Ketika terjadi kiamat, ada satu makhluk yang bernama “Harisy” keluar dari neraka, ia dilahirkan oleh kalajengking. Kepalanya di langit ke tujuh, dan eekornya di bumi yang paling bawah. Harisy ini memenggil-manggil dengan 70 kali : “Dimanakah prang yang melakukan kesombongan pada DZAT YANG MAHA PENYAYANG?” Dimanakah orang yang memerangi DZAT YANG MAHA PENYAYANG?”.

Jibril lantas berkata ; “Apa yang kamu inginkan, wahai harisy?” Harisy menjawab ; “Aku menginginkan lima hal;”

  1. Dimanakah orang yang meninggalkan shalat ?
  2. Dimanakah orang yang tidak mau membayar Zakat ?
  3. Dimanakah orang yang meminum khamer ?
  4. Dimanakah orang yang makan barang riba ?
  5. Dimanakah orang yang membicarakan hal keduniaan sewaktu di dalam masjid ?

Harisy mengumpulkan mereka dalam mulutnya, lalu menyemburkannya ke dalam neraka Jahanam. Untuk itu, kami selalu memohon perlindungan kepada Allah agar tidak termasuk orang-orang yang celaka.

Disadur dan di tulis ulang dengan sedikit penambahan dari buku “100 berita dari kubur” karya Haqiqi Alif dengan daftar pustaka yang mengambil dari kitab Sahih bukhari, shahih muslim, jawahirul bukhari, Riyaadlush Shalihin, Durratun nasihin, At-Tajriidu Ash-Sharih, Bulghul Maram, At-Tadzhib, Mukhtarul Ahadits An-nabawiyyah, Al-Jami’u Ash-Shaghir, As-Sab’iyyatu Fil Mawa’idzil Birriyat, Irsyadul Ibad, Qishashul Mi’raj, Tafsir Surat Yasin, Daqa’iqul akhbar, Mawa’idzul Usfuriyyah, al-Bidayah wan Nihayah, Al-Akbar.

Semoga bermanfaat dan menambah keimanan serta keyakinan kepada Allah SWT amin

About Hendra

Belajar untuk selalu bisa saling mencintai dan mengasihi terhadap semua makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa

Posted on 6 February 2012, in Pengetahuan Islam. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: