Sakaratul Maut dan Kematian

Bismillahirrahmanirrahim

Minggu 5-2-2012

Hari sabtu kemarin kami mendengar kabar mengenai keadaan paman yang sedang di landa sakit dan keadaannya sangat kritis karna sudah menghadapi sakaratul maut, sungguh menyayat hati ketika hari ini saya datang melihat dengan langsung keadaan beliau, kondisi yang seketika membuat diri menjadi lemas dan tak bertenaga karna benar-benar sangat memprihatinkan. tak terlintas sedikitpun dalam benak mengenai hal-hal negatif karna yang ada pada fikiran kami adalah “Allah sedang mengurangi dosa-dosanya” dengan memberikan ujian berupa penyakit tersebut.

Kami melihat dengan jelas keadaannya yang terbujur di atas tempat tidur dengan istri, anak dan keluarga yang mengelilinginya, keadaan yang sangat menyayat, ketika mendengarkan nafas beliau yang sangat susah sekali menghela karna banyaknya dahak yang ada pada dada dan kerongkongannya sedangkan selang oksigen di masukan kedalam dihungnya, sungguh terbayang saat itu kebesaran Allah yang tiada terkira, mampu membuat segala sesuatu menurut ILMU-NYA, sehingga hikmah pun dapat di raih bagi yang mau berfikir dan mentafakuri atas segala kejadian.

Allah berfirman : “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.(QS .Al Jumuah : 62).

Sungguh kematian it adalah rahasia terbesar yang tidak akan mampu di ketahui kecuali oleh Allah SWT, semua makhluk yang hidup pasti akan merasakan maut dan maut itu adalah sesuatu yang dekat dan pasti menghampiri kita di manapun dan kapanpun, oleh karena itu  kita jangan pernah merasa aman dari apapun, namun selalu mendekatkan diri pada Allah dengan berdzikir dan ber Muhasabah

Adapun untuk mengetahui tempat matinya seseorang hamba, di jelaskan oleh allah dalam firmannya :

Katakanlah: “Sekiranya kamu berada di rumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditakdirkan akan mati terbunuh itu keluar (juga) ke tempat mereka terbunuh.” Dan Allah (berbuat demikian) untuk menguji apa yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada dalam hatimu. Allah Maha Mengetahui isi hati. (QS Ali Imran ; 154)

Setelah mengetahui tentang apa itu maut kita jadi sadar bahwa sesungguhnya setiap hari maut itu selalu membayangi kita baik kita sadari atau tidak, bisa jadi waktu kita hidup di dunia tinggal beberapa menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun wallahualam karna sepenuhnya dalam ilmunya allah SWT, maka lantas bagaimana kita menyikapi hidup ini yang sebenarnya ? tanyakanlah pada diri pribadi masing-masing apakah sudah sepenuhnya berserah diri pada Allah atau masih sibuk dan lalai terhadap allah karna suatu hal yang lain, patutlah kita selalu mohon perlindungan dari allah SWT dan selalu berharap pada Allah SWT agar di beri akhir hayat yang husnul khotimah sehingga selalu menyibukkan diri dalam muhasabah dan mujahadah ilallah. Mari bersama sama kita sibukkan diri didalam mengingat allah dan senantiasa menjadikan kematian sebagai penasihat yang terbaik karna dengan begitu bisa di harapkan agar tehindar dari tipu daya nafsu dan syaitan yang terkutuk insyaallah.

About Hendra

Belajar untuk selalu bisa saling mencintai dan mengasihi terhadap semua makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa

Posted on 5 February 2012, in Ziarah dan silaturahmi. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: